Apa itu ambroxol


Ambroxol adalah obat, yang digunakan untuk menyembuhkan penyakit pernapasan. Obat ini membersihkan saluran pernapasan dan memecah dahak. Ini membantu dalam pelepasan surfaktan yang pada gilirannya mencegah lendir menempel ke dinding bronkial.

Obat ini adalah bahan aktif yang ditemukan dalam sirup batuk yang memfasilitasi pernapasan mudah jika tersumbat dari rongga hidung. Setiap tablet obat ini mengandung 30 mg hidroklorida sedangkan setiap 15 ml mengandung 15 mg ambroxol hidroklorida.

Aksinya dimulai dengan cepat hanya 30 menit setelah asupan. Ini terbukti secara klinis membuat dahak lebih tipis dan tidak ganas dan membantu menyembuhkan batuk. Ini juga digunakan untuk mengobati berbagai bentuk kondisi peradangan paru, bronkitis, asma bronkospasme, dan pneumokoniosis.

Informasi yang diberikan di sini didasarkan pada kandungan garam obat. Penggunaan dan efek obat dapat bervariasi dari orang ke orang. Dianjurkan untuk berkonsultasi dengan Pulmonologist sebelum menggunakan obat ini.


Menggunakan


Ambroxol digunakan untuk perawatan, kontrol, pencegahan, & perbaikan penyakit, kondisi dan gejala berikut ini:

  • Penyakit bronkopulmoner akut dan kronis yang berhubungan dengan sekresi lendir yang abnormal
  • Sakit tenggorokan akut
  • Ambroxol juga dapat digunakan untuk tujuan yang tidak tercantum di sini. 


Efek samping

Berikut ini adalah daftar kemungkinan efek samping yang mungkin terjadi pada obat-obatan yang mengandung Ambroxol. Ini bukan daftar lengkap. Efek samping ini mungkin terjadi, tetapi tidak selalu terjadi. Beberapa efek samping mungkin jarang tetapi serius. Konsultasikan dengan dokter Anda jika Anda mengamati salah satu efek samping berikut, terutama jika tidak hilang.

  • Mual
  • Muntah
  • Diare
  • Gangguan pencernaan
  • Mulas
  • Kembung
  • Sakit perut
  • Mulut atau tenggorokan kering
  • Selera berubah
  • Ambroxol juga dapat menyebabkan efek samping yang tidak tercantum di sini.


Tindakan pencegahan 

Sebelum menggunakan Ambroxol, beri tahu dokter Anda tentang daftar obat saat ini, produk bebas (misalnya vitamin, suplemen herbal, dll.), Alergi, penyakit yang sudah ada sebelumnya, dan kondisi kesehatan saat ini (misalnya kehamilan, operasi yang akan datang, dll.) . Beberapa kondisi kesehatan mungkin membuat Anda lebih rentan terhadap efek samping obat. Ambil sesuai petunjuk dokter Anda atau ikuti arahan yang tercetak pada sisipan produk. Dosis didasarkan pada kondisi Anda. Beritahu dokter jika kondisi kamu tidak berubah atau menjadi lebih buruk. Poin-poin konseling penting tercantum di bawah ini.
Konsultasikan dengan dokter jika kondisinya memburuk atau tidak membaik setelah 14 hari penggunaan
Hubungi dokter segera jika mengalami gejala alergi terhadap obat ini
Trimester pertama kehamilan

Interaksi dengan Ambroxol.

Jika Anda menggunakan obat lain atau produk yang dijual bebas secara bersamaan, efek Ambroxol dapat berubah. Ini dapat meningkatkan risiko Anda untuk efek samping atau menyebabkan obat Anda tidak bekerja dengan baik. Beri tahu dokter Anda tentang semua obat, vitamin, dan suplemen herbal yang Anda gunakan, sehingga dokter Anda dapat membantu Anda mencegah atau mengelola interaksi obat. Ambroxol dapat berinteraksi dengan obat dan produk berikut ini:
  • Antibiotic


Hilang satu dosis

Jika Anda melewatkan dosis, gunakan segera setelah Anda perhatikan. Jika mendekati waktu dosis Anda berikutnya, lewati dosis yang terlewat dan lanjutkan jadwal pemberian dosis Anda. Jangan gunakan dosis ekstra untuk mengganti dosis yang terlewat. Jika Anda secara teratur kehilangan dosis, pertimbangkan untuk mengatur alarm atau meminta anggota keluarga untuk mengingatkan Anda. Silakan berkonsultasi dengan dokter Anda untuk membahas perubahan dalam jadwal dosis Anda atau jadwal baru untuk menebus dosis yang terlewatkan, jika Anda telah melewatkan terlalu banyak dosis baru-baru ini.

Overdosis Ambroxol 

Jangan menggunakan lebih dari dosis yang ditentukan. Minum lebih banyak obat tidak akan memperbaiki gejala Anda; melainkan dapat menyebabkan keracunan atau efek samping yang serius. Jika Anda mencurigai bahwa Anda atau siapa pun yang mungkin telah overdosis Ambroxol, silakan pergi ke departemen darurat rumah sakit terdekat atau rumah perawatan.Bawalah kotak obat, wadah, atau label dengan Anda untuk membantu dokter dengan informasi yang diperlukan.
Jangan memberikan obat-obatan Anda kepada orang lain bahkan jika Anda tahu mereka memiliki kondisi yang sama atau sepertinya mereka memiliki kondisi yang sama. Ini dapat menyebabkan overdosis.
Silakan berkonsultasi dengan dokter Anda atau apoteker atau paket produk untuk informasi lebih lanjut.

Ambroxol kedaluwarsa 

Mengambil dosis tunggal Ambroxol kadaluarsa tidak mungkin menghasilkan efek samping. Namun, silakan diskusikan dengan penyedia layanan kesehatan utama Anda atau apoteker untuk nasihat yang tepat atau jika Anda merasa tidak sehat atau sakit. Obat yang kadaluwarsa dapat menjadi tidak efektif dalam mengobati kondisi yang ditentukan Anda. Agar aman, penting untuk tidak menggunakan obat kadaluarsa. Jika Anda memiliki penyakit kronis yang memerlukan minum obat terus-menerus seperti kondisi jantung, kejang, dan alergi yang mengancam jiwa, Anda jauh lebih aman tetap berhubungan dengan penyedia layanan kesehatan utama Anda sehingga Anda dapat memiliki persediaan obat-obatan yang belum kedaluwarsa.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama